21 Oct 2024

Mengenal CI/CD, Bikin Aplikasi Reliable dan Anti Nge-Lag

Image Mengenal CI/CD, Bikin Aplikasi Reliable dan Anti Nge-Lag

Bagi kamu yang memiliki aplikasi atau sedang dalam proses pengembangan aplikasi, pastinya ingin melakukan update fitur secara berkala. Proses pengembangan ini cukup lazim digunakan oleh banyak developer agar aplikasi yang dikembangkan selalu update dengan fitur dan framework terbaru. Proses seperti ini dinamakan Continuous Integration / Continuous Deployment atau CI/CD.


Continuous Integration atau CI adalah melakukan pengembangan fitur lalu dilakukan testing secara sering dan berkala. Proses ini akan terus berputar hingga mencapai tujuan yang diinginkan, dan mengurangi jumlah bug. Sementara Continuous Deployment atau CD adalah melakukan integrasi fitur ke sistem yang sudah berjalan dan dilakukan perilisan.

6715d2d6b2a17.png


Proses CI/CD memiliki beberapa manfaat :

  1. Menghemat waktu. Untuk melakukan test sebuah bundling untuk perilisan, tim QC tidak perlu menunggu seluruh fiturnya sampai selesai, fitur yang sudah siap dapat dilakukan testing agar dapat langsung dilakukan implementasi segera, sehingga mempercepat proses rilis.
  2. Mengurangi bug. Karena siklus testingnya menjadi lebih sempit, pencarian bug dari fitur tertentu dapat lebih mudah dilakukan dan bisa langsung dilakukan perbaikan segera sampai bug tersebut tidak muncul kembali.
  3. Kualitas terbaik. Karena proses dalam CI/CD berjalan terus menerus, maka kualitas aplikasi atau sistem yang dikembangkan menjadi lebih baik dan selalu update dengan fitur terbaru. Tentunya dengan keberlanjutan, sistem atau aplikasi yang dikembangkan akan selalu mendukung sistem operasi terbaru yang selalu hadir hampir tiap tahun.


Proses CI/CD juga dilakukan dengan bantuan otomasi atau automation yang bertujuan untuk meminimalisir error saat melakukan testing ataupun proses perilisan. Kualitas infrastruktur yang digunakan juga harus update dan menunjang kebutuhan yang selalu meningkat setiap harinya.


Dengan adanya proses CI/CD memungkinkan sistem yang telah dibangun menjadi reliable, memiliki performa terbaik di kelasnya, dan anti nge-lag. Hal tersebut juga dapat mempercepat kinerja tim operasional yang menggunakan sistem tersebut karena sistem berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Kalau kamu tertarik untuk melakukan pengembangan sistem yang sudah kamu miliki, atau mau membangun sistem yang reliable untuk keperluan kamu, bisa hubungi Dreite di link ini.

Address
Ruko Sorrento Junction
Jl. Ir. Sukarno No 29, Gading Serpong
Tangerang, Banten 15810
Whatsapp Business
+62 878 8000 8445
Image Contact
 
Image Contact

CONTACT

US!

Image Contact Us