05 Nov 2021

Content Management System vs Custom Website; Mana Yang Lebih Baik ?

Image Content Management System vs Custom Website; Mana Yang Lebih Baik ?

Halo Dretizen !


Sebagian dari kalian sudah familiar dengan website Blogger. Website yang berisi tentang jurnal pribadi atau apapun yang bisa dibagikan seperti foto. Tujuan asli adanya blog yaitu untuk menuangkan cerita pribadi sang pemilik blog. Pemilik blog bisa saja membahas berbagai subjek sesuai minatnya. Tetapi kini blog mulai berkembang menjadi ladang promosi untuk usaha dan bisnis. Nah Blogger ini termasuk salah satu contoh dari Content Management System. Mari kita bahas lebih lanjut.

Contoh tampilan CMS Wordpress
Sumber : Wordpress


Menurut Optimizely, content management system atau yang disingkat CMS adalah sebuah aplikasi web yang berguna untuk mengelola seluruh isi website. Bisa dibilang, CMS ini merupakan back-end dari website. CMS memungkinkan lebih dari satu pengguna yang mampu mengelola website. Konten yang dikelola pada CMS dimasukkan pada database website dan ditampilkan pada website yang dilihat oleh pengunjung atau front-end. CMS juga memiliki beberapa fitur utama yaitu :


  • Pembuatan konten seperti newsletter, artikel, iklan, dan sebagainya.
  • Penyimpanan konten
  • Manajemen pekerjaan
  • Manajemen role pengguna (User, admin, superadmin)
  • Publikasi konten


Dengan adanya CMS, banyak keuntungan yang dapat diperoleh. CMS memungkinkan penggunanya mengelola website dari mana saja tanpa harus terus berada di depan layar komputer. Keuntungan lainnya yaitu CMS memungkinkan orang awam untuk lebih mudah dalam memahami website yang akan dikelola. Karena kemudahan tadi, CMS juga mempercepat waktu pembuatan website dan biayanya yang murah.


CMS tidak semuanya berupa Blog. Ada juga CMS untuk belajar online seperti Moodle, atau Wordpress yang mirip dengan Blogger tetapi sedikit lebih modern. Tidak hanya itu, ada juga CMS yang berbayar seperti Wix dan Squarespace yang memungkinkan kamu melakukan kustomisasi website secara luas. Dari segala kemudahan yang ditawarkan, CMS juga memiliki kekurangan yaitu apabila kita membutuhkan fitur yang spesifik, tidak semua CMS mampu memberikannya. Lalu CMS juga menawarkan desain web yang terbatas.


Custom CMS Website
Sumber : Easternbytes


Jika kamu adalah orang yang membutuhkan website dengan CMS yang sangat spesifik sesuai dengan kebutuhan kamu seperti melakukan scheduling, atau pembuatan invoice secara otomatis, custom website adalah jawaban kamu. Custom website menawarkan fleksibilitas yang luas, desain yang sesuai dengan selera, dan fitur CMS sesuai dengan keinginan kamu. Kamu juga tidak dipusingkan dengan proses set-up dan manajemen website karena semuanya sudah dibuat sesuai dengan permintaan dan dilakukan konfigurasi oleh tim IT yang bertugas.


Custom website juga tidak luput dari kekurangan, salah satunya yaitu waktu pengerjaan yang lebih lama. Karena custom website dibuat dari nol, maka perlu tim IT yang handal dalam melakukan proses pengembangan website. Diperlukan juga tim desainer yang mampu memberikan hasil desain sesuai dengan selera dan preferensi kamu. Biaya dalam pengembangan custom website relatif lebih mahal karena permintaan kamu yang sudah spesifik.


Jadi, mana yang menurut kamu lebih baik? Jawabannya adalah tergantung dari kebutuhan dan budget kamu. Jika masih bingung apakah pakai CMS biasa atau custom CMS, kamu bisa konsultasi dengan kami pada link ini. Kami siap mendengarkan semua kebutuhan website kamu dan menerjemahkan menjadi solusi website yang efektif untuk kebutuhan kamu.

Address
Ruko Sorrento Junction
Jl. Ir. Sukarno No 29, Gading Serpong
Tangerang, Banten 15810
Whatsapp Business
+62 878 8000 8445
Image Contact
 
Image Contact

CONTACT

US!

Image Contact Us